9 Zulhijjah 1445 H | Minggu, 16 Juni 2024
×
Berkolaborasi Dengan Relawan Bakti BUMN Batch V
Kilang Pertamina Dumai Dorong Transformasi Pemanfaatan Gambut Go Global
ekonomi | Jumat, 24 Mei 2024 | 05:57:00 WIB
Editor : masyuki | Penulis : Rilis

SEI PAKNING  - Dalam rangka mendorong transformasi pemanfaatan gambut menjadi bernilai ekonomi dan go global, PT Kilang Pertamina Internasional (PT KPI) Unit Dumai berkolaborasi dengan Relawan Bakti BUMN Batch V tahun 2024 melaksanakan sejumlah program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) di bidang lingkungan dan kesejahteraan sosial yang memiliki nilai manfaat untuk masyarakat Sungai Pakning, Kabupaten Bengkalis, Riau.

Melalui Program Relawan Bakti BUMN (RBB) Batch V dengan mengusung tema Gemercik Peradaban Sungai Gambut Berseri, PT KPI Unit Dumai mengajak seluruh relawan mendorong kemandirian masyarakat Sungai Pakning lewat transformasi pemanfaatan gambut yang berkelanjutan.

Seluruh peserta program RBB sangat antusias dan semangat untuk belajar secara langsung bagaimana cara pengolahan air sungai gambut atau yang disebut FILAGAM (Filtrasi Air Gambut) hingga bisa dikonsumsi untuk sehari-hari oleh masyarakat sekitar wilayah operasi kilang Sungai Pakning, Selasa (21/5).

Area Manager Communications, Relations & CSR PT KPI Unit Dumai, Agustiawan, mengatakan kegiatan ini merupakan wujud keseriusan PT KPI Unit Dumai dalam mengembangkan program TJSL yang selama ini telah sustain dilaksanakan. Kegiatan ini juga merupakan wujud dukungan terhadap program Kementerian BUMN yang telah memasuki Batch ke-5.

“Kami sangat mengapresiasi program yang diinisiasi oleh Kementerian BUMN dalam mengimplementasikan program-program TJSL. Hal ini tentunya juga bermanfaat bagi seluruh insan BUMN untuk mengetahui serta berpartispasi dalam pelaksanaannya,” jelasnya.

Melalui program FILAGAM yang dikembangkan di kilang Sungai Pakning, para peserta Relawan Bakti BUMN tahun 2024 bersama masyarakat melakukan penyambungan aliran pipanasi dan penjernihan air dengan daun kelor. Selain itu, masyarakat juga mendapatkan edukasi manajemen kuangan koperasi air serta teknik pemasaran air minum gambut agar semakin diminati dan naik kelas.

Agustiawan menambahkan, lewat Program Relawan Bakti BUMN, para relawan dapat menyaksikan secara langsung  inovasi pengolahan air yang digagas oleh kilang Sungai Pakning yang telah meraih penghargaan internasional, Annual Global CSR & ESG Submit Award 2024, yaitu merubah air gambut yang sebelumnya bewarna merah kecoklatan berubah jadi jernih dan dapat dikonsumsi.

Lewat program filtrasi air gambut juga, kilang Sungai Pakning berhasil mengolah air gambut menjadi air bersih sebanyak 13.140 ton yang telah membantu menghemat pengeluaran masyarakat terhadap air bersih sebesar Rp 70 juta per tahunnya. Melalui pipanasi, program filagam juga telah membantu sebanyak 116 Kepala Keluarga (KK) yang dulunya sulit mendapatkan akses air bersih, kini lebih mudah mendapatkannya.

Relawan Bakti BUMN di Sungai Pakning
Program Relawan Bakti BUMN yang dicanangkan oleh Kementerian BUMN ini dilaksanakan mulai  20 Mei hingga 22 Mei 2024, dan tersebar di 10 titik daerah di Indonesia, yakni  Bukit Tinggi, Magelang, Pontianak, Bengkalis, Bantul, Morowali dan Mojokerto, Maumere, Samboja, hingga Raja Ampat.

Selain membantu kesejahteraan masyarakat, progaram Relawan Bakti BUMN ini juga bertujuan untuk mencapai tujuan Sustain Development Goals (SDGs).

Pada hari pertama kegiatan RBB, para peserta melaksanakan program pelestarian lingkungan lewat penanaman bibit mangrove sebanyak 60 bibit di lokasi TJSL kilang Sungai Pakning yaitu Eduwisata Mangrove dan Arboretum Marsawa, di desa Pangkalan Jambi, Kabupaten Bengkalis, Senin (20/5).

Pada hari yang sama, peserta Program Relawan Bakti BUMN Sungai Pakning juga turut berkontribusi mengedukasi masyarakat setempat mengenai langkah strategis untuk memasarkan produk secara digital dan go global dari produk UMKM olahan mangrove. 

Kemudian, kegiatan dilanjutkan dengan edukasi masyarakat gambut peduli api. Hal ini bertujuan meningkatkan kepedulian serta pengetahuan masyarakat tentang mitigasi dan adaptasi perubahan lingkungam untuk mencegah terjadinya kembali kebakaran hutan dilahan Gambut.

Pada program ini pula, para peserta RBB juga berkesempatan mengunjungi sekaligus memanen kangkung  dan nanas di lokasi pertanian holtikultura gambut. Lewat Program Pertanian Hortikultura di lahan gambut, kilang Sungai Pakning telah berhasil merehabilitasi 6 hektar (Ha) lahan gambut jadi lahan pertanian bernilai ekonomi, serta menambah omset para petani sebear Rp 222.642.600.

Tak hanya itu, para peserta dalam kegiatan RBB juga berpartisipasi untuk melakukan pemanfaatan energi bersih untuk irigasi wilayah pertanian holtikultura tersebut.

Menurut Aun Alindafindi, peserta Program Relawan Bakti BUMN dari Perum BULOG, ia sangat terkesan dengan berbagai program TJSL milik PT KPI Unit Sungai Pakning.

“Bagi saya kegiatan ini memiliki dampak yang sangat besar bagi masyarakat sekitar baik dari sisi ekonomi maupun lingkungan. Banyak hal menarik yang saya pelajari dalam program ini, seperti meningkatnya rasa empati, jiwa sosial, dan kerjasama tim dengan para Relawan Bakti BUMN Batch V serta pihak-pihak lain yang mengikuti program ini,” terangnya.

Program Relawan Bakti BUMN ini diikuti oleh 30 peserta Relawan Bakti BUMN Batch V yang tergabung dari berbagai perusahaan, perwakilan Pertamina Troopers, Pertamina Employee Jurnalism, dan perwakilan tim TJSL PT Pertamina (Persero) dan Sub Holding PT KPI Unit Dumai-Sungai Pakning.

Ditemui dikesempatan yang sama, Fachri Aulia dari PT INKA turut mengapresiasi program-program CSR milik PT KPI.

“Program ini sangat keren dan impactful sekali. Bangga sama program CSR milik Pertamina. Mulai dari pengelolaan lahan gambut, kemudian mengenai air minum dari gambut sangat-sangat keren,” tegasnya.

Seluruh rangkaian Program Relawan Bakti BUMN Batch V Sungai Pakning ini ditutup dengan kegiatan Program Sekolah Cinta Gambut di SDN 8 Siak Kecil dan Program Rumah Bengkalis Mahir. Dengan program tersebut, Kilang Pertamina Dumai juga telah berhasil membangun jaringan sekolah cinta gambut di 35 Sekolah Dasar (SD) dan 3.750 orang telah menjadi penerima manfaat langsung.

Para peserta RBB Batch V ini juga berkesempatan untuk memberikan pelatihan vokasi untuk anak-anak remaja, seputar lukisan, desain produk,  sablon, hingga membuat CV (Curriculum Vitae). Pelatihan ini diharapkan dapat meningkatkan pengetahuan serta skill anak-anak remaja menuju jenjang pendidikan selanjutnya.***

Index
89 Tilang Dilayangkan Dalam Kolaborasi BPTD Riau dan Polres Kampar
20 Juli 2024, Mubes Perdana Kerukunan Keluarga Sumatera Barat
Ambil Formulir Pendaftaran, DHL Siap Pimpin AFP Riau 
Mau Sewa Bus Pariwisata? Ini Kata Kepala BPTD Kelas II Riau!
Agar Bus Pariwisata Utamakan Keselamatan, Akan Dilakukan Pemeriksaan Tiap Minggu
Tak Ada Toleransi Lagi, Petugas Akan Kandangkan Kendaraan Pelanggar 
Mulai 1 Juni 2024 Bandara SSK II Layani Penerbangan Baru Super Air Jet Tujuan Medan
Alhamdulillah! Akhirnya Mendikbudristek Batalkan Kenaikan UKT
Waspadalah! Banyak Bus Pariwisata Tak Berizin Beroperasi di Riau
SSK II Layani 3.372 Jamaah Calon Haji Dalam 23 Penerbangan
Snow Snow
Snow Snow


daerah
89 Tilang Dilayangkan Dalam Kolaborasi BPTD Riau dan Polres Kampar
20 Juli 2024, Mubes Perdana Kerukunan Keluarga Sumatera Barat
Mau Sewa Bus Pariwisata? Ini Kata Kepala BPTD Kelas II Riau!
Tak Ada Toleransi Lagi, Petugas Akan Kandangkan Kendaraan Pelanggar 
Index
PT KPI Unit Dumai Gelar Priority Bin Goes to School di SMKN 5 Dumai
Temukan Bus Pariwisata Tak Berizin Membawa Wisatawan, BPTD Kelas II Riau Tegur Pemilik Kendaraan
Kilang Pertamina Dumai Dorong Transformasi Pemanfaatan Gambut Go Global
Memprihatinkan, Bus Wisata Tak Laik Jalan Masuki Obyek Wisata di Kampar
Setiap Hari 2.500 Liter Dexlite Dipasok Untuk Operasional Alat Berat
Masalah Kesehatan Mental Pekerja KPI Dumai Jadi Fokus Perhatian VP Pertamina
Sukses Kilang Pertamina Dumai Lampaui Target Hingga 106.10%
Ratusan Masyarakat Dumai Ikuti Pelatihan Sembelih Halal Di Masjid Al-Muhajirin
BPTD Kelas II Riau Temukan Delapan Bus Pariwisata Tak Berizin di Kampar
374 Kantong Darah Pendonor Dari PT KPI Unit Dumai dan Sungai Pakning 
Politik
Final! Untuk Pilwako Pekanbaru, Partai Golkar Mantap Usung Rahmansyah
Usung Program Pekanbaru Menuju Metropolitan, Kordias Mendaftar di Empat Partai
Buka Pendaftaran Calon Kepala Daerah, DPW PKB Riau Terbuka Bagi Siapa Saja
Hari Keempat Rapat Pleno, KPU Kampar Tuntaskan 3 PPK dan Selesai 18 Kecamatan
Snow Snow
Snow Snow


ekonomi
Mulai 1 Juni 2024 Bandara SSK II Layani Penerbangan Baru Super Air Jet Tujuan Medan
SSK II Layani 3.372 Jamaah Calon Haji Dalam 23 Penerbangan
PT KPI Unit Dumai Gelar Priority Bin Goes to School di SMKN 5 Dumai
Kilang Pertamina Dumai Dorong Transformasi Pemanfaatan Gambut Go Global
Hukum
Hari ini Sidang Perdana Praperadilan Eddy Hiariej Melawan KPK Digelar, Namun KPK Dipastikan Absen
Lima Perwira Polisi Yang Turut Terjerat di Kasus Ferdy Sambo Kembali Ditugaskan Kapolri, Berikut Daftarnya
Polri Akui 'Kebanjiran' Laporan Aduan Fitnah Jelang Pemilu 2024
Kapolri Lakukan Mutasi Besar-besaran Mulai Dari Jabatan Kapolda Hingga Promosi 4 Polwan
Nasional
Agar Bus Pariwisata Utamakan Keselamatan, Akan Dilakukan Pemeriksaan Tiap Minggu
Alhamdulillah! Akhirnya Mendikbudristek Batalkan Kenaikan UKT
Simak 11 Profil Panelis Debat Perdana Capres-Cawapres Pilpres 2024 oleh KPU RI
KPU Pastikan Paslon Capres-Cawapres Saling Respon dan Mendebat Pernyataan

internasional
 16.000 Warga Palestina Jadi Korban, WHO Tegaskan Kondisi di Gaza Semakin Memburuk Setiap Jamnya
Tolak Hamas Berkuasa di Gaza, Wakil Presiden Amerika Kritisi Banyaknya Warga Palestina Yang Tewas
Israel dan Hamas Perpanjang Gencatan Senjata
Israel dan Hamas Perpanjang Gencatan Senjata

Kamis, 30 November 2023 | 13:41:36 WIB
Desak PBB, UNICEF Tegaskan Jalur Gaza Adalah Tempat Paling Berbahaya di Dunia Bagi Anak-anak
olahraga
Ambil Formulir Pendaftaran, DHL Siap Pimpin AFP Riau 
757 Kepri Jaya Pastikan Diri Lolos Babak 16 Besar Bersama 11 Klub
Lolos ke Babak 32 Besar, Pelatih 757 Kepri Jaya Evaluasi Anak Asuhnya
Soal VAR, Bukan Bermaksud Menggugat...
Soal VAR, Bukan Bermaksud Menggugat...
Rabu, 1 Mei 2024 | 18:53:47 WIB

Popular
News Popular
Politik
Ekonomi
Hukum
Nasional
Daerah
Berkolaborasi Dengan Relawan Bakti BUMN Batch V
Kilang Pertamina Dumai Dorong Transformasi Pemanfaatan Gambut Go Global
ekonomi | Jumat, 24 Mei 2024 | 05:57:00 WIB
Editor : masyuki | Penulis : Rilis

SEI PAKNING  - Dalam rangka mendorong transformasi pemanfaatan gambut menjadi bernilai ekonomi dan go global, PT Kilang Pertamina Internasional (PT KPI) Unit Dumai berkolaborasi dengan Relawan Bakti BUMN Batch V tahun 2024 melaksanakan sejumlah program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) di bidang lingkungan dan kesejahteraan sosial yang memiliki nilai manfaat untuk masyarakat Sungai Pakning, Kabupaten Bengkalis, Riau.

Melalui Program Relawan Bakti BUMN (RBB) Batch V dengan mengusung tema Gemercik Peradaban Sungai Gambut Berseri, PT KPI Unit Dumai mengajak seluruh relawan mendorong kemandirian masyarakat Sungai Pakning lewat transformasi pemanfaatan gambut yang berkelanjutan.

Seluruh peserta program RBB sangat antusias dan semangat untuk belajar secara langsung bagaimana cara pengolahan air sungai gambut atau yang disebut FILAGAM (Filtrasi Air Gambut) hingga bisa dikonsumsi untuk sehari-hari oleh masyarakat sekitar wilayah operasi kilang Sungai Pakning, Selasa (21/5).

Area Manager Communications, Relations & CSR PT KPI Unit Dumai, Agustiawan, mengatakan kegiatan ini merupakan wujud keseriusan PT KPI Unit Dumai dalam mengembangkan program TJSL yang selama ini telah sustain dilaksanakan. Kegiatan ini juga merupakan wujud dukungan terhadap program Kementerian BUMN yang telah memasuki Batch ke-5.

“Kami sangat mengapresiasi program yang diinisiasi oleh Kementerian BUMN dalam mengimplementasikan program-program TJSL. Hal ini tentunya juga bermanfaat bagi seluruh insan BUMN untuk mengetahui serta berpartispasi dalam pelaksanaannya,” jelasnya.

Melalui program FILAGAM yang dikembangkan di kilang Sungai Pakning, para peserta Relawan Bakti BUMN tahun 2024 bersama masyarakat melakukan penyambungan aliran pipanasi dan penjernihan air dengan daun kelor. Selain itu, masyarakat juga mendapatkan edukasi manajemen kuangan koperasi air serta teknik pemasaran air minum gambut agar semakin diminati dan naik kelas.

Agustiawan menambahkan, lewat Program Relawan Bakti BUMN, para relawan dapat menyaksikan secara langsung  inovasi pengolahan air yang digagas oleh kilang Sungai Pakning yang telah meraih penghargaan internasional, Annual Global CSR & ESG Submit Award 2024, yaitu merubah air gambut yang sebelumnya bewarna merah kecoklatan berubah jadi jernih dan dapat dikonsumsi.

Lewat program filtrasi air gambut juga, kilang Sungai Pakning berhasil mengolah air gambut menjadi air bersih sebanyak 13.140 ton yang telah membantu menghemat pengeluaran masyarakat terhadap air bersih sebesar Rp 70 juta per tahunnya. Melalui pipanasi, program filagam juga telah membantu sebanyak 116 Kepala Keluarga (KK) yang dulunya sulit mendapatkan akses air bersih, kini lebih mudah mendapatkannya.

Relawan Bakti BUMN di Sungai Pakning
Program Relawan Bakti BUMN yang dicanangkan oleh Kementerian BUMN ini dilaksanakan mulai  20 Mei hingga 22 Mei 2024, dan tersebar di 10 titik daerah di Indonesia, yakni  Bukit Tinggi, Magelang, Pontianak, Bengkalis, Bantul, Morowali dan Mojokerto, Maumere, Samboja, hingga Raja Ampat.

Selain membantu kesejahteraan masyarakat, progaram Relawan Bakti BUMN ini juga bertujuan untuk mencapai tujuan Sustain Development Goals (SDGs).

Pada hari pertama kegiatan RBB, para peserta melaksanakan program pelestarian lingkungan lewat penanaman bibit mangrove sebanyak 60 bibit di lokasi TJSL kilang Sungai Pakning yaitu Eduwisata Mangrove dan Arboretum Marsawa, di desa Pangkalan Jambi, Kabupaten Bengkalis, Senin (20/5).

Pada hari yang sama, peserta Program Relawan Bakti BUMN Sungai Pakning juga turut berkontribusi mengedukasi masyarakat setempat mengenai langkah strategis untuk memasarkan produk secara digital dan go global dari produk UMKM olahan mangrove. 

Kemudian, kegiatan dilanjutkan dengan edukasi masyarakat gambut peduli api. Hal ini bertujuan meningkatkan kepedulian serta pengetahuan masyarakat tentang mitigasi dan adaptasi perubahan lingkungam untuk mencegah terjadinya kembali kebakaran hutan dilahan Gambut.

Pada program ini pula, para peserta RBB juga berkesempatan mengunjungi sekaligus memanen kangkung  dan nanas di lokasi pertanian holtikultura gambut. Lewat Program Pertanian Hortikultura di lahan gambut, kilang Sungai Pakning telah berhasil merehabilitasi 6 hektar (Ha) lahan gambut jadi lahan pertanian bernilai ekonomi, serta menambah omset para petani sebear Rp 222.642.600.

Tak hanya itu, para peserta dalam kegiatan RBB juga berpartisipasi untuk melakukan pemanfaatan energi bersih untuk irigasi wilayah pertanian holtikultura tersebut.

Menurut Aun Alindafindi, peserta Program Relawan Bakti BUMN dari Perum BULOG, ia sangat terkesan dengan berbagai program TJSL milik PT KPI Unit Sungai Pakning.

“Bagi saya kegiatan ini memiliki dampak yang sangat besar bagi masyarakat sekitar baik dari sisi ekonomi maupun lingkungan. Banyak hal menarik yang saya pelajari dalam program ini, seperti meningkatnya rasa empati, jiwa sosial, dan kerjasama tim dengan para Relawan Bakti BUMN Batch V serta pihak-pihak lain yang mengikuti program ini,” terangnya.

Program Relawan Bakti BUMN ini diikuti oleh 30 peserta Relawan Bakti BUMN Batch V yang tergabung dari berbagai perusahaan, perwakilan Pertamina Troopers, Pertamina Employee Jurnalism, dan perwakilan tim TJSL PT Pertamina (Persero) dan Sub Holding PT KPI Unit Dumai-Sungai Pakning.

Ditemui dikesempatan yang sama, Fachri Aulia dari PT INKA turut mengapresiasi program-program CSR milik PT KPI.

“Program ini sangat keren dan impactful sekali. Bangga sama program CSR milik Pertamina. Mulai dari pengelolaan lahan gambut, kemudian mengenai air minum dari gambut sangat-sangat keren,” tegasnya.

Seluruh rangkaian Program Relawan Bakti BUMN Batch V Sungai Pakning ini ditutup dengan kegiatan Program Sekolah Cinta Gambut di SDN 8 Siak Kecil dan Program Rumah Bengkalis Mahir. Dengan program tersebut, Kilang Pertamina Dumai juga telah berhasil membangun jaringan sekolah cinta gambut di 35 Sekolah Dasar (SD) dan 3.750 orang telah menjadi penerima manfaat langsung.

Para peserta RBB Batch V ini juga berkesempatan untuk memberikan pelatihan vokasi untuk anak-anak remaja, seputar lukisan, desain produk,  sablon, hingga membuat CV (Curriculum Vitae). Pelatihan ini diharapkan dapat meningkatkan pengetahuan serta skill anak-anak remaja menuju jenjang pendidikan selanjutnya.***

TERKINI

Total 89 tilang dilayangkan jajaran BPTD Kelas II Riau berkolaborasi dengan Sat Lantas Polres.

Senin, 10 Juni 2024 | 13:28:50 WIB

Setelah mempertimbangkan baberapa hal substansial, akhirnya Musyawarah Besar  (Mubes).

Senin, 10 Juni 2024 | 06:00:00 WIB
.
Kamis, 6 Juni 2024 | 14:16:48 WIB

Dalam sebulan terakhir, musibah kecelakaan lalu lintas dengan melibatkan bus pariwisata seakan.

Senin, 3 Juni 2024 | 16:41:35 WIB
Guna menertibkan operasional angkutan pariwisata agar mengedepankan aspek keselamatan, Kementerian.
Senin, 3 Juni 2024 | 15:15:17 WIB